Menjadi orang tua yang sukses dan efektif

Menjadi orang tua yang sukses dan efektif

Membesarkan anak -  tidak diragukan lagi adalah pekerjaan yang paling sulit namun juga karir yang paling berharga. Menjadi orangtua yang efektif dan sukses adalah karir di mana kebanyakan orangtua tertangkap tidak siap.
Berikut ini beberapa cara untuk membantu orang tua meningkatkan kemampuan untuk mendidik anak:
1.Kembangkan harga diri anak
Suara, intonasi, bahasa tubuh dan ekspresi muka kita akan ditiru oleh anak kita. Lebih dari pada itu tingkah laku, kata-kata dari orang tua membentuk karakter dan self esteem dari anak.
Pujian-pujian kecil akan membuat mereka bangga. Biarkan mereka melakukan sesuatu sendiri, hal ini membuat mereka berpikir mereka mampu menyenangkan orangtua mereka. Sebaliknya, membandingkan anak kita dengan anak lain akan membuat anak merasa tidak memadai. Ini tidak akan membantu kiat anda untuk menjadi orangtua yang efektif dan sukses.

2.Menanggapi perbuatan baik
Kalau kita pikirkan, kita lebih banyak memberikan reaksi negatif daripada reaksi positif. Kita mungkin lebih banyak mengkritik daripada memberikan pujian dan ini sangat tidak efektif. Coba anda pikirkan, bagaimana perasaan anda kalau bos anda melakukan yang sama, sering marah-marah dan tidak menghargai hasil perkerjaan anda?
Cara yang paling efektif adalah menaggapi dan memberikan reaksi positif bila anak-anak berlaku baik atau melakukan sesuatu dengan baik: “Wah, pandai sekali! Kamu membereskan kamar tanpa harus disuruh.” Kata-kata ini akan lebih memotivasi anak daripada menyuruhnya berulang kali.
Buat rencana untuk dapat lebih menghargai anak setiap hari. Berilah mereka penghargaan sebanyak mungkin dengan peluk,cium, dan kata kata yang manis. Tak lama, anda akan melihat perubahan dari tingkah laku anak anda.

3.Disiplin
Bagian menjadi orang tua yang sukses dan efektif adalah termasuk memberikan disiplin dan batasan. Tujuannya adalah untuk menuntun langkah-langkah dan tingkah laku mereka untuk menjadi orang yang bertanggung jawab.
Menciptakan peraturan rumah akan mendidik anak-anak untuk lebih disiplin. Salah satu contoh peraturan yang efektif: tidak boleh menonton TV  kalau pekerjaan rumah dari sekolah belum selesai,  tidak boleh memukul, atau berkata kasar. Kebanyakan kesalahan orang tua adalah gagal untuk memberikan konsekuensi saat anak tidak dapat menjalankan peraturannya. Peraturan dan konsekuensi harus dijalankan dengan konsisten dalam mendisiplinkan anak.

4.Kebersamaan
Menciptakan waktu untuk bersama dengan anak tidaklah mudah di dalam kesibukan kita. Namun tidak ada yang lebih berharga di mata anak anda dari melakukan sesuatu bersama orang tuanya, seperti makan atau jalan-jalan sore bersama setelah makan malam atau merencanakan special weekend bersama. Banyak anak yang bertingkah nakal hanya karena mereka kurang mendapat perhatian yang cukup dari orang tuanya.

Semoga bermanfaat.

Wallohu a'lam ...

 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menjadi orang tua yang sukses dan efektif"

  1. Anak adalah amanah, besok kita akan dimintai pertanggung jawabannya...

    ReplyDelete