SEJARAH ASAL USUL PRACIMANTORO

SEJARAH ASAL USUL  PRACIMANTORO

Oleh: Akhmad Ali Khasanudin, SP.d


Berbicara tentang Sejarah Pracimantoro, nama Pracimantoro itu sebenarnya sudah terbentuk semenjak zaman Pra Kemerdekaan Republik Indonesia. Dizaman kerajaan Mangkunegaran Pracimantoro merupakan bagian dari wilayahnya, dan   menyimpan sejarah yang mengawali terciptanya nama Pracimantoro yang berasal dari bahasa jawa kuno yaitu dari kata Pracimo dan Hantoro yang artinya batas wilayah paling selatan dari kerajaan Mangkunegaran. Nama Pracimantoro digunakan menjadi nama sebuah Desa sekaligus juga nama sebuah Kecamatan.
Keberadaan Pemerintahan Desa Pracimantoro sudah terbentuk sejak pendudukan penjajah Belanda di Indonesia. Ketika itu tampuk pimpinan tertinggi ditingkat desa dipimpin oleh seorang Demang yang dibantu oleh Carik, Jineman, Kamitua, Jogoboyo, Jogotirto, Modin, Bayan dan Anthek dengan masa jabatan yang tidak terbatas selama masih mampu melaksanakan pemerintahan atau dapat dikatakan seumur hidup. Dari masa terbentuknya Desa Pracimantoro sampai sekarang ini sudah mengalami beberapa kali pergantian Kepala Desa, dan berikut adalah daftar nama – nama Kepala Desa yang pernah menjabat di Desa Pracimantoro :         
          1.Bapak Demang Ponco Sandika periode tahun 1948-1952
          2.Bapak Demang Tarumartono periode tahun 1952-1960 
          3.Bapak Karyono periode tahun 1960-1986
          4.Bapak Wasidi periode tahun 1986-1987
          5.Bapak Sugiyo periode tahun 1987-1988 
          6.Bapak Darmono periode tahun 1988-1996
          7.Bapak Wahono periode tahun 1996-1998
          8.Bapak Joko Waluyo periode tahun 1998-sekarang
Begitu juga dengan nama Pracimantoro yang digunakan sebagai nama Kecamatan. Keberadaan Pemerintahan Kecamatan Pracimantoro sudah terbentuk sejak pendudukan penjajah Belanda. Kecamatan Pracimantoro merupakan Kecamatan yang paling luas wilayahnya dan berada di jalur antara Kabupaten Wonogiri dengan Yogyakarta melalui jalur selatan. Kecamatan Pracimantoro terletak kira - kira 38 Km sebelah timur laut dari Kota Wonogiri. Sedangkan letak kantor Kecamatan Pracimantoro berada didekat salah satu sekolah dasar swasta SDIT Nurul Huda. Tepatnya dengan alamat di Jalan Raya Pracimantoro No. Telp.(0273) 461641 Pracimantoro. Kode Pos.57664.
Adapun Batas wilayahnya  adalah sebagai berikut :

- Sebelah utara         : Kecamatan Eromoko
- Sebelah timur        : Kecamatan Giritontro
- Sebelah selatan      : Kecamatan Paranggupito
- Sebelah barat         : Daerah Istimewa Yogyakarta

Kecamatan Pracimantoro terdiri dari 18 Desa. Berikut adalah nama Desa/ Kelurahan yang terdapat di Kecamatan Pracimantoro :
  1. Desa Gedong meliputi 9 Dusun. yang terdiri dari : Dusun Muntil, Melikan, Bohol, Tanggerang, Sekanem, Salam, Nongko, Pule, Sawahan.
  2. Desa Sumberagung meliputi 10 Dusun yang terdiri dari: Dusun Mesu, Klepu, Pakemlor, Ngaluran, Pakem Kidul, Karangkulon, Ngelo, Pundungsari, Miri, Digal.
  3. Desa Petirsari meliputi 12 Dusun yang terdiri dari: Dusun Ketos, Gebang, Pomahan, Nglaos, Tlogosari, Dayakan, Wora Wari, Mendak, Bonagung, Dompol, Salak, Petir
  4. Desa Gambirmanis meliputi 13 Dusun yang terdiri dari: Dusun Suruhan, Gambiranom, Pakel, Mahbang, Pendem, Bakalan, Tileng, Gondangmanis, Kerjo, Karang, Nongko Suwit, Nujo, Galo.
  5. Desa Joho meliputi 12 Dusun yang terdiri dari: Dusun Gandu, Galih,  Semen, Dondong, Glagahombo, Sunut, Joho lor, Joho Kidul, Dayakan, Maharan, Jatisari, Jatiharjo
  6. Desa Watangrejo meliputi 8 Dusun yang terdiri dari: Dusun Tlogorejo, Pelem, Pringwatang, Pringkulon, Ngrombo, Masan, Nglancing, Ngelorejo.
  7. Desa Suci meliputi 11 Dusun yang terdiri dari : Dusun Maguan, Mojo, Suci, Bakon, Sinung, Sumur, Pondok, Duwet, Ploso, Sambirejo, Pojok.
  8. Desa Jimbar meliputi 7 Dusun yang terdiri dari: Dusun Bendosari, Josari, Jimbar, Nailan, Toban, Pulosari, Trukan.
  9. Desa Sambiroto meliputi 9 Dusun yang terdiri dari: Dusun Sambirotolor, Sambiroto kidul, Trukan, Suruhan, Jetak, Sumberjo, Wonokerto, Wonoharjo, Karang Getas.
  10. Desa Pracimantoro meliputi 9 Dusun yang terdiri dari: Dusun Jenar, Belik, Tulangan, Gudang, Ngulukidul, Nguluwetan, Ngulutengah, Ngululor, Blindas.
  11. Desa Sedayu meliputi 8 Dusun yang terdiri dari : Dusun Sumberalit, Geran, Sawahan, Gunungsari, Guyangan, Klepu, Dayu, Sambeng.
  12. Desa Banaran meliputi 8 Dusun yang terdiri dari: Dusun Jemplo, Banaran, Tandon, Dungtemu, Dungpadas, Genjahan, Kranding, Babadan.
  13. Desa Trukan meliputi 10 Dusun yang terdiri dari: Dusun Trukan, Pendem, Putat, Gadog , Dungringin, Mindi, Guyuban, Blongan, Tambaksari, Tambakrejo.
  14. Desa Tubokarto meliputi 9 Dusun yang terdiri dari: Dusun Mlangselor, Tubokarto, Mlangse kidul, Bendungan, Salak, Sladi, Gaji, Jeruk, Selorejo.
  15. Desa Lebak meliputi 8 Dusun yang terdiri dari: Dusun Bendungan, Gayam, Lebak, Sunggingan, Nangsri, Ngalangdowo, Tlogolor, Tlogokidul.
  16. Desa Gebangharjo meliputi 9 Dusun yang terdiri dari: Dusun Mudal, Karanglo wetan, Karanglo kulon, Dilem, Nglaran, Sengon, Ngentak, Danggolo, Jati.
  17. Desa Glinggang meliputi 8 Dusun yang terdiri dari: Dusun Tekil, Balong, Duren lor, Duren kidul, Bercak, Glinggang, Genjahan, Kerjo.
  18. Desa Wonodadi meliputi 8 Dusun yang terdiri dari: Dusun Wonosobo, Surodadi, Ngreboh, Salam, Jojo, Godang, Gunungan, Kerok.
Adapun daftar nama – nama Camat yang pernah menjabat di Kecamatan Pracimantoro adalah sebagai berikut:         
1)      Bapak Sutrisno
2)      Bapak Sulardi
3)      Bapak Tukino
4)      Bapak FX Sainu
5)      Bapak Lagiyatmo
6)      Bapak Sudarno
7)      Bapak Wakimin
8)      Bapak Sutadmo
9)      Bapak Teguh
10)  Bapak Sudibyo
11)  Bapak Kuswandi
12)  Bapak Bawarto
13)  Bapak Warsito

Adapun sumber informasi ini penulis  peroleh dari beberapa sumber, diantaranya berasal  dari pernyataan beberapa masyarakat Pracimantoro sendiri yang penulis wawancarai. Terkait lama masa jabatan dari Camat Pracimantoro dari pertama sampai sekarang tidak penulis cantumkan karena banyaknya  pernyataan masyarakat Pracimantoro yang merasa sangsi atau tidak tahu tepatnya lama dari masa jabatan dari setiap Camat yang menjabat.
Menurut mereka itu karena dari dulu masa jabatan Camat itu tidak terbatas masa jabatannya selama masih mampu melaksanakan pemerintahan atau dapat dikatakan seumur hidup. Sehingga masyarakat susah untuk memprediksikan berapa lama masa jabatan dari setiap Camat yang sudah menjabat tadi. Maka dari alasan itu penulispun memutuskan untuk tidak  mencantumkan lama masa atau tahun jabatan dari setiap Camat yang sudah menjabat. Tetapi terlepas dari itu, penulis berharap artikel ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca, khususnya bagi yang ingin mengetahui informasi tentang Sejarah Asal – Usul Pracimantoro. Demikian semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bishshowab …

Bagi yang mau download file di Atas, Silahkan klik DISINI untuk mendownload.
Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "SEJARAH ASAL USUL PRACIMANTORO"

  1. Tapi sayangnya tahun masa jabatan untuk camatnya tidak ada...
    padahal iitu pentng..

    ReplyDelete
  2. Kalo buat artikel yg lngkp sekalin jangan tanggung mas...

    ReplyDelete
  3. Pracimo dan Hantoro menjadi Pracimantoro

    ReplyDelete
  4. Kata Pracimo apa benar dari bahasa Jawa?

    ReplyDelete